Oktober 14, 2013

IQ v.s EQ

Kesel banget. Itu yang saya rasain saat ini. Gimana gak, setelah dicekoki kejadian-kejadian gak enak yang menurut saya sebenernya gak pantes dilakukan oleh orang yang berpendidikan, saya baru tau kalo ternyata justru saya yang dinilai 'aneh' karena memberi penjelasan bahwa saling menghargai itu adalah hal penting.

Sebelumnya pernah saya bahas 'Verbal Abuse' kan? Nah sudah saya jelaskan juga kenapa kita harus berhati-hati dengan omongan kita karena even itu maksudnya bercanda tapi ternyata tanpa kita sadari kita lagi nge-bully seseorang. Apakah nge-bully itu suatu hal yang penting atau gak? Itu balik lagi ke kamu nya deh.

Dan setelah kesel setengah mati kalo dapet kenyataan saya yang dicap 'aneh' gara-gara marah saat di-bully, saya inget satu hal yang pernah dibahas salah satu mentor saya bahwa orang yang pintar itu belum tentu mempunyai attitude yang 'pintar' juga a.k.a IQ tinggi belum tentu EQ nya juga tinggi.

IQ adalah Intelligence Quotient, yaitu istilah untuk kecerdasan manusia. EQ adalah Emotional Quotients, yaitu kecerdasaan emosi, kemampuan untuk mengerti emosi diri sendiri dan orang lain dan juga sebagai tolak ukur yang menjadikan dia pribadi seperti apa.

Agak susah memang kalo harus berurusan sama orang yang gak paham sama nilai-nilai kemanusiaan. Seperti gak punya kecerdasan emosi ( EQ ) yang memadai sehingga gak punya kemampuan untuk memahami orang lain. Padahal kan manusia itu kan makhluk sosial ya yang harus bisa beradaptasi dengan sesama makhluk. Jadi emang percuma mau dijelasin kaya gimana juga karena IQ sama EQ nya gak nyambung.

Mungkin memang selalu bener kata-kata "Mulut mu adalah harimau mu" atau "Lidah itu lebih tajam daripada pisau" atauuu "Mendingan diem aje deh dari pada keliatan bego lo!" xD

Aahh sudahlah.. saya gak mau marah-marah terus yang akhirnya bikin EQ saya jadi jongkok juga.. so you choose what kind of people you are and if you dont fit with me, it's your problem.. not mine.. ;)

Es krim manaaa? Es krimmm....... :'D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar